Headline


Komponen dan Faktor Belajar

Komponen Belajar

Menurut Rasyad (2003: 124-125), kegiatan belajar melibatkan beberapa komponen atau unsur berikut.

  1. Peserta didik adalah seseorang atau sekelompok orang yang bertindak sebagai pencari, penerima, dan penyimpan isi pelajaran yang dibutuhkannya untuk mencapai tujuan.
  2. Guru adalah seseorang atau sekelompok orang yang berprofesi pengolah kegiatan belajar-mengajar dan seperangkat peranan lainnya yang memungkinkan berlangsungnya kegiatan belajar-mengajar yang efektif melalui transformasi.
  3. Tujuan adalah pernyataan tentang perubahan perilaku dan tingkah laku yang diinginkan terjadi pada peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar-mengajar
  4. Isi pelajaran adalah segala informasi berupa fakta, prinsip, konsep, dan pesan-pesan pendidikan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
  5. Metode/pendekatan belajar adalah berbagai cara yang teratur dan sistematis yang dilakukan dan ditempuh guru dalam memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mendapat isi pelajaran yang mereka butuhkan.
  6. Media adalah seperangkat peralatan pendidikan dan pengajaran yang digunakan untuk membantu penyajian isi dan materi pelajaran kepada peserta didik agar mereka dapat mencapai tujuan.
  7. Evaluasi adalah seperangkat alat penilaian yang digunakan untuk menilai proses pembelajaran dan hasilnya.

 

Faktor-faktor Belajar

 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. Menurut Rasyad (2003: 103) faktor-faktor itu adalah sebagai berikut.

  1. Faktor endogen, antara lain seperti minat belajar, kesehatan, perhatian, ketenangan jiwa sewaktu belajar, motivasi, kegairahan diri, cita-cita, kebugaran jasmani, kepekaan alat-alat indra dalam belajar. Dengan kata lain alat-alat indra berfungsi dengan baik atau sebaliknya seperti mata sakit, pendengarannya terganggu dan lain-lain.
  2. Faktor eksogen yang mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik antara lain seperti keadaan lingkungan belajar (suasana kelas), cuaca, letak sekolah ( di tempat yang ramai/tidak), faktor interaksi sosial dengan teman sebangku, interaksi peserta didik dengan pendidiknya.

Muhibbin Syah (2001: 130) menyebutkan, bahwa secara global faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa dapat kita bedakan menjadi tiga macam, yakni sebagai berikut.

  1. Faktor internal (faktor dari dalam siswa), yakni keadaan/kondisi jasmani dan rohani siswa.
  2. Faktor eksternal (faktor dari luar siswa), yakni kondisi lingkungan di sekitar siswa.
  3. Faktor pendekatan belajar (approach to learning), yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pelajaran.

Uraian tersebut menunjukkan bahwa pada dasarnya keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh dua jenis faktor, yaitu dari dalam dan dari luar. Kedua faktor tersebut dapat bersifat positif maupun negatif. Positif, artinya mendukung keberhasilan belajar. Sedangkan negatif, artinya menghambat keberhasilan belajar.

DAFTAR PUSTAKA  

Muhibbin Syah, (2001). Psikologi belajar. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.

Rasyad, A. (2003). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.

LAST_UPDATED2

 

baner