UMBK Software Ujian Berbasis Komputer di gunakan MANSABA

Popular

UMBK Ujian Madrasah Berbasis Komputer adalah sebuah perangkat lunak yang di buat oleh Joko Supriyanto, SST selaku guru prakarya di MAN Sabdodadi Bantul dengan tampilan yang mirip dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang di keluarkan oleh dinas Pendidikan pusat. UMBK ini tujuannya di buat semirip mungkin dengan software UNBK adalah untuk membuat siswa dan siswi MAN Sabdodadi Bantul familier dengan UNBK sehingga anak tidak bingung/cemas dan memberi pengetahuan sejak dini bagaimana Ujian berbasis komputer itu dilaksanakan.

UMBK untuk saat ini akan digunakan untuk Ujian MID semester dan ulangan harian  Keterampilan KOmputer, Otomotif dan tata busana di karenakan Keterampilan tersebut merupakan gabungan dari 2 kelas sehingga nanti bisa dilaksanakan 1 sesi di ruangan Bahasa dan Ruang TIK dengan jumlah komputer 64, sama dengan jumlah siswa kedua kelas tersebut.

Dalam pelaksanaan Ujian MID semester dan ulangan harian nanti akan menggunakan 1 server dengan spesifikasi XEON 4 COre RAM 12GB dan software UMBK ini tidak menggunakan Virtual box untuk menjalankannya tapi menggunakan Apache sebagai Server HTTP, dan Mysql sebagai database sehingga tidak memakan resoure yang banyak.

Mirip UNBK

Untuk menjalankan tes pun bisa dikatakan sangat mirip dengan UNBK dimana siswa harus menjalankan EXAMBROW yang sudah di modifikasi sehingga siswa betul-betul seperti sedang mengikuti UNBK.

UMBK

Dari gambar diatas software UMBK mirip UNBK dimana warna merah= blm dijawab, Hijau=dijawab, Kuning=Ragu-ragu, merah= blm di isi dan Hitam=belum dibaca

Software UMBK yang di kembangkan MAN Sabdodadi Bantul kaya akan fitur, bisa untuk soal bergambar, Soal gabungan dengan Flash sehingga lebih interaktif, Soal untuk lisening bhs inggris dan lain-lain.

Tampilan di HP Smartphone (Ujian bisa menggunakan HP jika Komputer dirasa kurang banyak).

hp-tampil

Dengan script code bootstrap akan membuat tampilan UMBK support

berbagai ukuran screen.

Website dengan tampilan mobile saat ini dikatakan wajib dan software UMBK

sudah support dengan tampilan mobile. Kalau kekurangan komputer

siswa bisa menggunakan HP/Tablet untuk ujian.

Tombol TAB dengan grafik ciamilk menggunakan API dari Google chart

 

Soal

Uniknya lagi UMBK ini antara soal Multi choice dan Essay bisa di gabungkan dengan Opsi terpisah atau langsung gabung di soal Multi choice. Dan juga software ini sudah di rancang akan mengacak soal layaknya UNBK. Untuk mendapatkan acak an yang lebih variatif di sarankan membuat soal dua kali lipat soal yang diujikan, misalkan soal yang di ujikan 40 sebaiknya membuat soal 80 atau lebih semakin banyak soal akan semakin variatif.  Tidak hanya soal saja yang diacak, opsi jawabannya pun di acak pula, sehingga kemungkinan soal antar siswa sama sangat kecil sekali

quran

Soal Interaktif, dengan menggunakan embed dari website lain akan menghasilkan soal yang lebih variatif

Entri Data

Untuk Entri siswa/guru dapat di ambil dari file excel diolah ke excel setelah itu di import dengan extensi .csv (excel bisa langsung merubah ke format csv), sehingga untuk entri peserta ujian bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus siswa entri sendiri-sendiri. Atau daftar sendiri bisa juga

Untuk soal bisa di entri langsung ke aplikasi atau bisa juga lewat excel dalam format csv

Laporan

Untuk laporan dapat di simpan dalam bentuk pdf atau excel dan di tampilkan juga grafik menggunakan API Google Chart

admin-grafik

Tampilan Administrator

Layanan

Untuk mengerjakan soal pun Software UMBK ini sangat fleksibel, dapat diakses dimana saja baik di madrasah maupun di rumah asal konek Internet, baik menggunakan kabel ataupun WIFI. dengan dukungan kecepatan upload 10Mbps/ download 50Mbps Fiber Optik Man Sabdodadi membuat hosting sendiri di Madrasah. Walaupun mendapat IP publik Dynamic dengan script khusus yang di kembangkan madrasah maka IP dynamic tersebut bisa diakses walaupun IP nya berubah-ubah. Layanan publik yang hostingnya di kelola madrasah sendiri dimana komputer server di letakkan di LAB KOmputer Madrasah diantaranya :

  1. Perpustakaan MAN Sabdodadi BAntul dengan alamat http://perpus.mansaba.sch.id
  2. Server pengumpulan tugas siswa dengan alamat http://server.mansaba.sch.id
  3. Cloud komputing layaknya google drive alamat http://server.mansaba.sch.id/cloud
  4. POS Point Of Sell, software kasir untuk unit produksi http://server.mansaba.sch.id/pos/   user : userumum  pass: userumum
  5. dan Software UMBK ini sendiri

Hack Soft

Supaya tidak salah persepsi, Exambrow memang di Hack sehingga bisa bekerja dengan UMBK, yang tujuannya memang betul-betul untuk memajukan dunia pendidikan Di Indonesia Khususnya di lingkungan MAN Sabdodadi Bantul. semua hak cipta milik Puspendik, dan tujuan di modifikasi supaya tidak bingung dengan exambrow asli karena jika menggunakan exambrow asli tidak bisa digunakan UMBK Jika tidak bekerja dengan baik coba klik kanan exambrow.exe kemudian pilih propertis kemudian pilih detail. Pastikan Informasinya sama dengan gambar di bawah ini.Orang Bisa itu karena Terbiasa.

exmbrow

Jaringan

Software UMBK ini sangat flexsibel, bisa disimpan di server lokal/ hosting yang sudah kita sewa, tentu dengan kelebihan masing-masing. Tapi Di MAN Sabdodadi Bantul sudah memiliki hosting dengan pengelolaan madrasah sendiri sehingga koneksi untuk ujian di area madrasah baik menggunakan kabel/ wifi mencapai 100Mbps dan ujian melalui Internet mendapat speed 10Mbps. Topologi bisa dilihat di bawah ini

topologi

Uji COba UMBK

Anda bisa melakukan ujicoba UMBK dengan :

User name : usercoba

passw : usercoba

huruf kecil semua case sensitive,

Coba  download dulu exambrow (keluar tekan LControlKey,X,Z) trus alt+f4 : DOWNLOAD EXAMBROW

Atau Tanpa Exambrow, Support hampir semua web browser, baru Prototipe belum bisa lock Keyboard dan belum always On top (Pastikan Browser anta support JavaScript)

UMBK MANSABA

 CP : Joko Supriyanto, SST HP : 085 777 777 661


 

 

baner