Pemilos MAN 2 Bantul menjadi Latihan bagi Pemilih Pemula

pemilos 2017 web

Bantul (MAN 2 Bantul) – Pemilihan ketua OSIS (Pemilos) sebagai salah satu hajatan demokrasi peserta didik MAN 2 Bantul baru saja selesai dilaksanakan pada Kamis (7/9) lalu. Terpilih Kurnianto Dwi Saputro (XI IPS 1) sebagai ketua baru yang akan menjalankan amanah ini setahun ke depan.

Dalam sambutannya pada apel pagi menjelang pemilihan, Abdul Ghofur, S.Ag., M.Pd. selaku Kepala Madrasah menyampaikan bahwa Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan wadah bagi peserta didik untuk belajar dan berlatih berorganisasi. Oleh karena itu, semua peserta didik diharapkan dapat mengikuti setiap prosesnya dengan baik.

“Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan melalui beberapa tahapan seleksi yang melibatkan peserta didik dan pendidik,” terang Drs. Sus Harimurti, Waka Kesiswaan MAN 2 Bantul. Tahap pertama seleksi dilaksanakan di kelas masing-masing. Setiap kelas memberikan satu nama untuk diajukan sebagai bakal calon ketua OSIS. Siswa unggulan dari tiap kelas tersebut kemudian dipilih kembali dengan melibatkan pendidik untuk kemudian dikerucutkan menjadi 3 calon yang akan maju sebagai calon.

Pada waktu pelaksanaan, terlihat bahwa proses pemilihan dibuat semirip mungkin dengan pemilihan umum di Indonesia. Semua perangkat pemilihan seperti surat suara, bilik pemilihan, dan kartu pemilih disediakan dengan format mirip kartu pemilu. Panitia pemilihan dan proses pelaksanaan juga demikian. Termasuk keberadaan saksi dari masing-masing calon untuk memastikan proses pemilihan berjalan baik tanpa ada kecurangan. Bahkan, tinta pemilihan yang dicelupkan pada jari setelah memberikan hak suara juga tersedia.

“Proses Pemilos (pemilihan ketua OSIS) memang dibuat semirip mungkin dengan pemilu di Indonesia. Tujuannya agar menjadi media pembelajaran bagi peserta didik sebagai pemilih pemula,” pungkas Drs. Mubtadiin, M.Pd., waka humas MAN 2 Bantul. (wh/diin)

 

baner