Kembangkan Potensi Diri, Cegah Nikah Dini

Penyuluhan MAN 2 Bantul web


MAN 2 BANTUL – Antisipasi semakin meningkatnya angka pernikahan dini di Kabupaten Bantul, madrasah menyelenggarakan sosialisasi tentang pencegahan pernikahan dini, Jum’at (9/2).

Acara yang diselenggarakan di masjid At-Ta’awun ini diikuti oleh siswa kelas XI IPA/IPS dengan didampingi oleh guru BK dan sebagian guru. Pemateri acara ini adalah Ibu Meherdina dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) kabupaten Bantul. Sosialisasi ini diselenggarakan untuk menyadarkan siswa agar mengingat dan sadar diri akan dampak yang diakibatkan oleh pernikahan dini dan bahaya seks bebas.

Acara ini diawali sambutan dari Bapak Abdul Ghofur selaku kepala madrasah. “Saya banyak sekali mendapat laporan dari guru BK, anak yang dikembalikan kepada orang tuanya dengan terpaksa karena salah satunya disebabkan oleh pergaulan bebas”, tuturnya.

Dalam acara ini banyak dijelaskan tentang pengetahuan kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita. Selain itu juga dijelaskan mengenai penyalahgunaan narkoba serta masih banyak lagi yang bersangkutan dengan kesehatan reproduksi.

 “Pesan saya untuk anakku pria, perlu kalian tahu bahwa merokok adalah peluang masuknya narkoba. Maka dari itu,  jangan coba kalian mendekati rokok. Karena, pengedar narkoba sasaran pertama adalah perokok. Dan untuk anakku yang wanita, ibu juga berpesan jadilah wanita yang tegas, cerdas, disiplin”, tutup ibu Meherdina. (sr/wh)

 

baner