Hanif Alfian, Sosok di Balik Suksesnya Tari Saman MAN 2 Bantul

tarisamanweb

Bantul (MAN 2 Bantul) – Tari Saman MAN 2 Bantul kembali mendapat sambutan meriah. Tepuk tangan tamu undangan yang menghadiri acara wisuda MAN 2 Bantul pada Sabtu (5/5) seolah tak ingin berhenti ketika melihat indahnya Tari Saman yang diperagakan peserta didik MAN 2 Bantul. Sebelumnya, Tari Saman MAN 2 Bantul juga pernah mendapatkan sambutan meriah dari sekitar 8500 ASN pada “Gebyar Kerukunan Kemenag DIY” di GOR UNY pada Senin (18/12/2017) lalu. “Saya sampai tidak bisa membedakan, mereka ini sebenarnya anak-anak Bantul atau Aceh,” tutur pembawa acara waktu itu.

Setelah pertunjukkan Tari Saman di acara wisuda MAN 2 Bantul kali ini, Hanif Alfian yang selama ini melatih ekstra Tari Saman MAN 2 Bantul, diminta naik ke atas panggung. “Ini namanya Mas Hanif, pelatih ekstra Tari Saman yang baru saja Bapak/Ibu sekalian saksikan. Alumni MAN 2 Bantul juga,” tutur Drs. H. Sukron memperkenalkan.

Hanif Alfian adalah alumni MAN 2 Bantul yang lulus pada tahun 2009. Setelah lulus dari MAN 2 Bantul, Hanif melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Arab UGM melalui jalur khusus. “Ketika kuliah itulah saya berkenalan dengan teman yang kemudian mengajari saya Tari Sama,” ungkap Hanif menjelaskan.

Tari Saman selain menjadi ekstra unggulan di MAN 2 Bantul, juga memberi berkah tersendiri bagi Hanif Alfian. Melalui Tari Saman, Hanif telah beberapa kali ke luar negeri. Dari negeri tetangga seperti Malaysia hingga negara-negara Eropa seperti Belanda, Perancis, dan Jerman pernah ia kunjungi. “Alhamdulillah. Senin depan jadwal ke Turki”, terang Hanif yang saat ini telah memiliki perusahaan sendiri.

Dalam acara tersebut, tak lupa Hanif memberikan motivasi dan kiat-kiat sukses. Masalah untuk sukses selalu ada, tinggal bagaimana kita menyikapinya. Salah satu cara agar sukses dalam menjalani kehidupan adalah dengan mengikuti kata hati atau passion. “Jika orang tua misalnya tidak setuju dengan keinginan adik-adik, yang harus adik-adik sekalian lakukan adalah mengkomunikasikannya,” tegasnya. (wh)

 

baner