Al-Quran digital versi resmi kemenag, Seluruh warga MAN 2 BANTUL wajib menggunakan aplikasi Al-Quran Digital dari KEMENAG Pusat

Popular

alquran-digital-kemenag

Begitu masifnya aplikasi Al-Quran digital di dunia maya baik versi web atau android, IOS, E-Book dan lain-lain membuat khawatir bagi pecinta Al-Quran digital, dikarenakan apakah ayat-ayatnya memang sudah dicek satu persatu harokat, huruf, nahwu shorof dan lain-lain oleh para penghafal Al-quran?

Untunglah pemerintah khususnya KEMENAG membentuk  Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) adalah satuan kerja (satker) yang berada di bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama yang bertugas untuk menyelenggarakan pentashihan, pengkajian dan penerbitan Al-Qur’an. Dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 3 tahun 2007, maka tugas dan fungsi Lajnah dikembangkan menjadi tiga bagian besar.

1) Pentashihan yang meliputi pentashihan, pembinaan, dan pengawasan terhadap produk-produk penerbitan mushaf Al-Qur’an, baik cetak maupun elektronik atau digital.

2) Pengkajian yang meliputi kegiatan pengkajian Al-Qur’an, pengembangan, penerbitan mushaf, terjemah, dan tafsir Al-Qur’an, serta melakukan sosialisasi terhadap hasil pengkajian Al-Qur’an tersebut.

3) Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi yang meliputi kegiatan pengelolaan pameran Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal, pemeliharaan naskah mushaf, terjemah, dan tafsir Al-Qur’an, serta benda-benda keislaman lainnya, dan pelayanan dokumen dan kepustakaan. Di samping itu, juga terdapat kelompok fungsional peneliti yang melaksanakan kegiatan-kegiatan penelitian yang berkaitan dengan Al-Qur’an.

Oleh sebab itu seluruh keluarga besar MAN 2 BANTUL yang membaca AL-quran menggunakan smartphone/perangkat elektronik lainnya, wajib :

  1. Menghapus aplikasi Al-quran yang sudah terinstal di smartphone dan digantikan Aplikasi Al-Quran yang dikeluarkan Kementerian agama, bisa di download di SINI
  2. Jika menggunakan Al-quran digital versi web yang diakses di sistem operasi Linux/Windows/Komputer/Laptop dan sejenis wajib mengakses dilaman https://quran.kemenag.go.id/
  3. Menyampaikan kepada siswa dan siswi untuk menggunakan aplikasi Al-quran Digital yang sudah tersertifikasi Kemenag Pusat

Mari kita bersama-sama menjaga keaslian Al-quran diranah Online dengan mengikuti ketentuan diatas. Jangan sampai Al-quran dicabut dari dunia ini dikarenakan ketidak tahuan kita hari ini karena perkembangan sebuah teknologi.

Jika di amati memang aplikasi diatas belum sempurna, tapi kita sebagai masyarakat bisa menyampaikan hal-hal yang kurang di menu komentar apliasi android di playstore atau media komunikasi lainnya, jangan sampai hanya karena aplikasi belum sesuai dengan keinginan dan tidak semudah aplikasi yang sebelumnya dipasang kita langsung tidak mau menggunakannya, perlu kami sampaikan baru satu aplikasi Al-quran inilah yang dapat dipercaya keaslian ayatnya, untuk aplikasi yang lain kami tidak berani menjamin. Perlu diingat aplikasi Al-quran digital sangat mudah di selewengkan, karenanya begitu mudahnya mengedit ayat. Jadi hanya aplikasi diatas yang bisa dipercaya keaslian Al-Quran digitalnya.

 

baner