MAN 2 Bantul Ikuti Lomba Upacara Mewakili Kecamatan Bantul

Popular

upacara


Bantul (MAN 2 Bantul) – Pelajaran belum lama dimulai pada hari Sabtu (28/7) pagi. Terdengar pengumuman bahwa semua peserta didik diminta menuju ke halaman madrasah untuk mengikuti latihan upacara bendera. “MAN 2 Bantul ditunjuk mewakili kecamatan Bantul untuk mengikuti lomba upacara tingkat kabupaten untuk tingkat SLTA/sederajat,” ungkap Suparman, S.Pd. staf waka kesiswaan MAN 2 Bantul. Lomba tersebut rencana dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2018. Kegiatan pada Sabtu (28/7) pagi ini merupakan pembinaan yang dilakukan oleh Koramil Bantul.

Pada awal praktik upacara tersebut, terlihat beberapa koreksi langsung dilakukan oleh dua personil Babinsa yang diutus Koramil Bantul. Mulai cara membentuk barisan yang belum sesuai hingga hal-hal detail seperti cara hormat peserta upacara. “Mohon maaf ini, kita akan menyesuaikan tata cara upacara sesuai dengan aturan yang ada dalam buku panduan,” ungkap salah satu personil yang melakukan pembinaan. Selain dari sisi teknis pelaksanaan upacara, pembinaan juga dilakukan untuk memompa semangat dan kesadaran peserta. “Kalian dipercaya untuk mewakili kecamatan, bukan hanya desa atau sekolah. Malu kalau sampai tidak bagus,” tegasnya.

Dalam sambutannya pada saat menjadi inspektur upacara, Drs. Sus Harimurti, waka kesiswaan MAN 2 Bantul berpesan agar pengarahan hari itu diingat betul. Termasuk dalam penataan barisan. “Tolong anak-anak diingat baik-baik penataan barisan hari ini. Untuk upacara selanjutnya, barisannya seperti ini,” tegasnya. Beberapa penegasan juga diberikan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya kegiatan ini. Sebagai sekolah yang diberi amanah, MAN 2 Bantul tentu berharap bisa memberikan yang terbaik. “MAN 2 Bantul berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Semoga amanah ini dapat kami jaga dengan memberikan yang terbaik,” tuturnya. Selain sebagai persiapan untuk mengikuti lomba, kegiatan ini memberikan pembekalan mengenai tata cara pelaksanaan upacara yang benar, sesuai dengan buku panduan. Lebih jauh lagi, kegiatan seperti ini juga penting sebagai upaya penanaman sikap bela negara bagi peserta didik semenjak dini. Semoga MAN 2 Bantul semakin maju dan berkembang. Sarat dengan prestasi dan sukses dalam menanamkan karakter baik bagi peserta didik sebagai bekal kehidupan mereka dunia akhirat. (wh)

 

baner