Sudah Lama Eksis Kini Berperan Dalam Pembelajaran Daring Program E-Smart MAN 2 Bantul

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Sudah Lama Eksis Kini Berperan Dalam Pembelajaran DaringBantul (MAN 2 Bantul) – Pembelajaran dalam jaringan (daring) merupakan bentuk pembelajaran jarak jauh yang menggunakan alat komunikasi android sebagai perantara antara guru dan para siswanya. Sistem ini dikenal dengan istilah lain e-learning. Pada situasi dan kondisi normal, model canggih pembelajaran ini sudah digunakan sebagian insan pendidikan, bahkan sudah mulai dipakai untuk kegiatan evaluasi pembelajaran. Apalagi saat merebaknya covid-19, e-learninglah yang banyak dipakai oleh para pendidik untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

MAN 2 Bantul sudah beberapa tahun terakhir ini memproduksi e-learning mandiri yang dinamakan e-smart. Program khusus untuk pembelajaran on line tersebut dituangkan dalam salah satu menu utama web site madrasah dan sudah diterapkan beberapa guru untuk kegiatan pembelajaran normal. Pada saat peliputan berita di hari Kamis (2/3/2020), penulis menelusuri jejak langkah e-smart milik MAN 2 Bantul dan ternyata sudah tertata rapi dan digunakan dalam pembelajaran daring di situasi darurat.

Penggagas sekaligus pengelola e-smart Joko Supriyanto, ST, MT menjelaskan bahwa program yang ia bangun sudah lama diterapkan dalam mata pelajaran yang diampunya yaitu multimedia. “Sebagai satu-satunya madrasah keterampilan di Bantul, kami sudah lama melaunching e-smart dan alhamdulillah saat ini sangat berperan dalam suasana darurat akibat covid-19”, tutur Joko. Sementara itu Waka Kurikulum Fitria Endang Susana, S.Pd. membenarkan program e-smart madrasahnya dan berharap semua guru yang sebagian adalah guru baru hasil rotasi bisa segera menyesuaikan diri untuk memanfaatkan program madrasah yang sudah ada itu. (edp)

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter