Lomba Pranatacara Bahasa Jawa Bertema Tedhak Siten Diikuti oleh Guru Fisika MAN 2 Bantul

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Guru Fisika MAN 2 Bantul Ikuti Lomba Pranatacara Bahasa Jawa Bertema Tedhak SitenBantul (MAN 2 Bantul) – Tedhak siten adalah upacara adat Jawa sebagai pertanda bayi berumur 7 bulan dan memulai diperkenalkan berjalan sendiri dengan ritual menginjak tanah. Upacara ini memang sudah langka dilaksanakan, namun dalam upaya melestarikan budaya Jawa yang mulai tergerus zaman, perlu dilakukan kompetisi atau perlombaan bertema upacara adat tersebut. Jenis lomba bisa menyesuaikan, misalnya pidato atau sesorah dan bisa juga pembawa acara atau pranatacara.

Demikian yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul yang menyelenggaraka berbagai jenis lomba Bahasa Jawa yang salah satunya bertajuk Pranatacara Umum Tedhak Siten. Perlombaan ini dibuka untuk umum dari berbagai kalangan yang masih beralamat atau mempunyai Kartu Tanda Penduduk Bantul. Edy Purwanto, M.Pd.Si guru Fisika MAN 2 Bantul  adalah salah satu peserta yang ingin berkompetisi bersaing dengan peserta-peserta lain.

Pada Jumat (11/9/2020) Edy melakukan rekaman mandiri di rumah, sedangkan hasil rekaman videonya dikumpulkan dalam bentuk flashdisk mengatasnamakan guru MAN 2 Bantul. Dimintai komentarnya, Ketua MGMP Fisika MA DIY tersebut membenarkan bahwa dirinya ingin berpartisipasi dalam Lomba Pranatacara Bahasa Jawa yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan. “Sebagai orang Bantul asli, saya ingin ikut melestarikan Bahasa Jawa,” tutur Edy. (edp)

Tetap sehat dan semangat#Lawan Covid19

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter