Website dikunjungi 5000 lebih, CPU Overload...!!

Popular
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Jam menunjukkan 18.00 wib, rasa ingin melihat dan mengecek CPU di cepanel rasanya sangat besar, karena sekitar jam 13.00 wib pengunjung mencapai 70 lebih. Yang menjadi penasaran apakah CPU di Cpanel kami Overload atau tidak. dalam beberapa minggu ini website MAN Sabdodadi Bantul pengunjung perharinya mencapai 3000 lebih. Jam menunjukkan 18.00 wib, rasa ingin melihat dan mengecek CPU di cepanel rasanya sangat besar, karena sekitar jam 13.00 wib pengunjung mencapai 70 lebih. Yang menjadi penasaran apakah CPU di Cpanel kami Overload atau tidak. dalam beberapa minggu ini website MAN Sabdodadi Bantul pengunjung perharinya mencapai 3000 lebih. ini menunjukkan bahwa antusias masyarakat sangat besar terhadap website sekolah kami ini. dalam 1 tahun ini ternyata total pengunjungnya mencapai 145583 padahal website ini masih bayi dan masih merangkak tapi pengunjungnya sudah sedemikian banyak. perlu di ketahui bahwa website ini lahir sekitar bulan Maret 2011. Gambar di bawah ini adalah bukti kunjungan dari Visitor Counter yang kami pasang di website MAN Sabdodadi Bantul :

statistik2Gambar di samping diambil pada hari rabu tanggal 11 April 2012 pukul 22.00 wib anda perhatikan bahwa pengunjung saat itu mencapai 5396 dan tamu yang sedang Online 101 Tamu, wah... sungguh menakjubkan padahal website ini masih muda belia, ternyata pengunjungnya jauh dari perkiraan kami. bulan lalu maret 2012 saja totalnya untuk 1 bulan hanya 7412, tapi sekarang total kunjungan tersebut bisa terpenuhi hanya dalam waktu 2 hari saja, bahkan kami pernah mencapai kunjungan dalam 1 hari mencapai 5900, wowww..menakjubkan sekali. Jumlah kunjungan sebesar itu tidak lain adalah partisipasi dari masyarakat yang sangat besar terhadap website sekolah kami. Kedepannya kami berharap website ini bisa menjadi qiblatnya informasi di yogyakarta khususnya dan Indonesia umumnya sehingga kunjungan perhari bisa mencapai 10,000 pengunjung.. Amien...

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak lepas dari kunjungan diatas ternyata dampak dari kunjungan tersebut berimbas pada CPU yang di gunakan oleh server yang kami sewa.semakin banyak tamu yang online CPU yang di gunakan semakin besar pula, bahkan memori 512Mb yang di sediakan untuk server kami pun terkuras habis. Di bawah ini adalah screen shoot di Cpanel kami, yang di lingkari merah menandakan CPU yang di gunakan 100% dan memori yang di gunakan mentok 512 Mb.Angka yang warna merah berarti itu soure yang di gunakan. kami contohkan tanggal 04-11 13:00 sampai 04:11 14:00 durasi sekitar 1 jam MCPU / cpu yang di gunakan 100% dari 100% yang di sediakan, mEP 20 dari 20 proses yang di bolehkan, dan memori 512 Mb dari 512Mb yang disediakan. kesimpulan server website kami Overload selama 1 Jam..saat itu pengunjung sekitar 70 - 90 yang online..heeeee..heee.. langsung lambat banget tuh website di akses..

datacpu-load

Gambar dibawah ini adalah grafik CPU di Cpanel kami, anda perhatikan terjadi 4 kali overload. heee..kacau nih...

cup-overload

Itulah hasil dari pemonitoran website kami selama 1 hari ini. Terjadi banyak Overload..dan jelas kami harus menambah resoure CPU dn Resouce memori. Ya mungkin jalan satu-satunya ganti VPS..Tapi Mahal..untuk sekolah kami tidak mampu membayar VPS yang lebih bagus lagi dedicated server, cocok untuk beban yang berat. Ya di maksimalkan yang ada dulu baru kalau benar-benar website MAN Sabdoadi BAntul sudah Trafficnya buannnyak perhari tamu yang online 500 pengunjung baru mau tidak mau ganti yang VPS. Heeeee...heeee..perlu anda ketahui bahwa kami menggunakan webhosting yang jelah hardwarenya di bagi oleh user yang lain..termasuk prosesor..RAM..Hardisk. Oh iya saya jelaskan dulu VPS itu APA.

Pengertian VPS, Hosting dan Dedicated Server

Virtual Private Server atau VPS adalah sebuah metode untuk mempartisi atau membagi sumber daya / resource sebuah server menjadi beberapa server virtual. Server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server. Bahkan Anda dapat me-reboot sebuah server virtual secara terpisah (tidak harus mem-reboot server utama). Dalam sebuah VPS, resource server yang alokasikan adalah meliputi CPU Core, CPU Usage, RAM, dan Storage atau ruang penyimpananan. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.

Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server, colocation server.

Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain.saat anda menyewa hosting untuk website anda biasanya yang di gunakan adalah model Shared Hosting. Termasuk Website MAN Sabdoadi ini menggunakan yang model Shared Hosting

Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama

Demikian Informasi dari TIM ICT, Semoga informasi diatas bisa bermanfaat. Amien...

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter