Manasik Haji 2013 MAN Sabdodadi Bantul

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

alt

Pada tanggal 22 Juni 2013 MAN Sabdodadi menyelenggarakan Latihan Manasik Haji yang kedua kalinya. Sebelumnya pernah dilaksanakan acara yang sama pada tahun 2012. Perbedaan antara dua kegiatan tersebut adalah lokasi pelaksanaan dan sarana transportasi. Pada Latihan Manasik Haji tahun 2012 lokasi pelaksanaan di Lapangan Paseban dan Lapangan Trirenggo dengan sarana transportasi kereta mini. Sedangkan Latihan Manasik Haji taun 2013 dilaksanakan di Parangkusumo (Kretek, Bantul) dengan sarana transportasi minibus.

Tujuan dari penyelenggaran Latihan Manasik Haji adalah untuk memberikan pembelajaran ibadah haji kepada peserta didik secara kongkret (nyata). Dengan menggunakan simulasi sarana dan prasarana ibadah haji akan memberikan pemahaman pelaksanaan ibadah haji secara benar.

Peserta Latihan Manasik haji adalah peserta didik kelas XI yang terdiri dari 163 orang dengan rincian 63 putra dan 100 putri. Selain itu juga dilibatkan guru dan karyawan sejumlah 60 orang yang bertindak sebagai panitia.

Prosesi perjalanan ibadah haji dimulai dari Kampus Hijau MAN Sabdodadi Bantul. Semua peserta putra mengenakan pakaian ihram. Tidak terkecuali para bapak guru yang bertugas sebagai ketua rombongan ataupun ketua regu. Sedangkan peserta putri mengenakan pakaian serba putih yang menutup aurat. Untuk memudahkan koordinasi, masing-masing regu menggunakan ciri tertentu sesuai kesepakatan, misal: mengenakan pita berwarna atau bros bunga plastik. Jadi walaupun semua seragam serba putih, tetapi mudah untuk mengenali anggota regu.

Pada pukul 07.30 rombongan berkumpul di halaman madrasah untuk mendapatkan penjelasan dari TPIH (Tim Pemandu Ibadah Haji). Kemudian upacara pemberangkatan dipimpin oleh kepala madrasah (Bapak Drs. H. In Amullah, M.A.). Pukul 08.00 semua peserta naik minibus Kopatek (Koperasi Angkutan Kretek). Jumlah minibus yang digunakan adalah 9 buah. Setiap minibus berisi 2 regu atau sekitar 18 sd 22 orang. Minibus 1 sd 3 untuk jamaah putra, dan minibus 4 sd 8 untuk jamaah putri. Sedangkan sebagian guru dan karyawan menggunakan minibus 9 dan mobil pribadi. Sebagai front raider (mobil paling depan) adalah Toyota Landcruiser yang dilengkapi dengan pengeras suara. Pengatur jalannya iring-iringan kendaraan adalah Bapak AIPTU Lanji (Babinkamtibmas Kepolisian Sektor Bantul) dibantu Bapak Endang Nurrokhmat (Security MAN Sabdodadi).

Pukul 08.30 rombongan telah sampai di Masjid Al A'la (selatan Portir Parangtritis) yang disimulasikan sebagai Birr Ali. Di masjid ini jamaah melaksanakan sholat dan mengikrarkan niat umroh dan haji. Pukul 09.00 jamaah menuju Parangkusumo.

Setengah jam kemudian jamaah sudah sampai di Parangkusumo. Jama'ah segera menuju tempat yang disimulasikan sebagai Masjidil Haram. Di tempat itu sudah ada prototipe Ka'bah, Maqom Ibrahim, Bukit Shofa dan Marwa. Mereka segera melaksanakan umroh dengan rangkaian ibadah thawaf, sa'i, tahlul, dan sholat di Maqom Ibrahim.

Setelah prosesi umroh selesai, jamaah menuju Arofah. Kemudian bermalam di Mudzalifah dan melempar jamarat. Setelah itu, jamaah kembali ke Masjidil Haram untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji yang telah ditetapkan.

Alhamdulillah rangkaian latihan manasik haji kali ini dapat terlaksana dengan tertib dan lancar, walaupun ada beberapa peserta yang pingsan karena tidak kuat menahan teriknya matahari. Para peserta yang pingsan dapat teratasi karena panitia bekerjasama dengan PMI Bantul yang menyediakan perlengkapan pertolongan dengan mobil ambulance. Terima kasih PMI Bantul atas kerjasamanya.

Pukul 12.00 semua peserta telah kembali ke Kampus Hijau MAN Sabdodadi Bantul dengan selamat. Namun, yang lebih penting adalah dalam benak setiap peserta telah tertanam pemahaman prosesi ibadah haji secara nyata dan benar. Sehingga suatu saat ada jika kelebihan rejeki dan mendapat panggilan Allah, mereka dapat menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya. Semoga!

Susunan Panitia sebagai Berikut :

Susunan Panitia

123455

Pembimbing Manasik Haji

123455 001

Foto Manasik Haji tahun 2013

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter