Laporan Pemilos MAN Sabdodadi Bantul 2013 oleh siswa

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Secara serentak seluruh SMA/SMK/MA melaksanakan PEMILOS pada tanggal 25 September 2013. Kegiatan ini sudah yang kedua kalinya diselenggarakan di Mansaba. Pemilos dilaksanakan atas kerjasama KPU Bantul dengan Osis Mansaba.

Beberapa minggu sebelum hari H, osis dan sekolah menentukan siapa bakal calon ketua osis periode 2013/2014 (yang mesti bukan saya) dan membentuk panitia pemilos yang terdiri dari Panitia Pemilihan Osis (PPO), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan Panitia Pendaftar Pemilih (Pantarlih). Setelah melalui rapat yang cukup (alot) akhirnya Mansaba memutuskan 3 pasang calon ketua Osis dan Sekretaris Umum yaitu :

No urut 1 :

Ketua : Zidni Lutfi Hamdan(XI IPA 1)

Sekretaris : Aprilia Susanti (XI IPS 3)

No urut 2:

Ketua : Rudi Laksono(XI IPA 3)

Sekretaris : Miya Marlita Ulfa(XI IPA 1)

No urut 3:

Ketua : Reza Ardiyanto(XI IPA 3)

Sekretaris : Novitasari(XI IPA 2)

Masing-masing calon punya visi misi yang berbeda. Pada hari senin 23 September 2013, setiap calon diwajibkan menyampaikan visi misinya di depan kepala sekolah, guru-guru, dan siswa (alias kampanye rekk). Para calon juga tak lupa meyakinkan pemilih untuk memilih dirinya.

Satu hari sebelum hari H, PPO menyebarkan surat undangan untuk pemilu (maksudnya pemilos) kepada seluruh DPT (Daftar Pemilih Tetap) karena surat undangan itu salah satu syarat untuk memilih (sedikit rempong kaya Pilkada) . Pemilos ini selain memilih ketua Osis, bertujuan untuk melatih siswa agar menggunakan hak pilihnya dalam memilih pemimpin, agar siswa tahu cara memilih pemimpin yang benar, seperti PILPRES yang sebentar lagi digelar (tidak ada satu tahun lagi hlo yaa jangan lupa!!!).. GOLPUT bukan solusi( kata KPU).

Setelah beberapa jam kemudian, tibalah hari rabu tanggal 25 September yang merupakan hari yang ditunggu-tunggu dan paling bersejarah didunia SMA/SMK/MA se KAB-Bantul dan juga hari yang paling super mendebarkan bagi calon-calon ketua osis,karena pada hari itu ditentukan siapa yang akan menjadi presiden sekolah (ee maksudnya ketua Osis).

Pemilos diawali dengan apel pagi dan pengucapan deklarasi damai antar calon ketua osis (biar tidak terjadi keributan antar calon alias agar akur. Siapapun yang menang selamat dan yang kalah ya diterima dengan lapang dada kekalahannyaJ. Setelah apel pagi selesai, seluruh siswa disuruh masuk ke kelas masing-masing kecuali kelas yang mendapat giliran pertama untuk melilih(pastinya kelas X1.. yang muda didahulukan, ). Petugas KPPS, PPO, Pantarlih, tak lupa petugas keamanan mempersiapkan peralatannya masing-masing. Tidak hanya calon-calon ketua osis yang di sumpah agar tidak melakukan tindak terpuji, petugas KPPS,PPO,Pantarlih dan keamanan juga mengucapkan janji untuk melaksanakan tugas semaksimal mungkin dan sebaik baiknya agar pelaksanaan pemilos tahun ini berjalan dengan lancar.

Setelah semuanya siap, 7 KPPS yang berpakaian tradisional (3 cwe pakai kebaya,,,cantik-cantik euy dan 4 cwo memakai sorjan,, ganteng-ganteng kok.hehe). selanjutnya pemilih dipersilakan mendaftar dahulu di petugas KPPS dengan menunjukkan surat undangan, lalu duduk di kursi tunggu. Sebelum diberi surat suara oleh ketua KPPS, pemilih di beri penjelasan oleh ketua KPPS cara membuka surat suara, mencoblos, sampai melipat kembali dan memasukkan surat suara di kotak suara yang sudah sisediakan oleh panitia. Setelah pemilih jelas, KPPS segera memanggil pemilih dan di beri surat suara kemudian di persilakan menuju bilik yang disediakan untuk mencoblos. Sebelum meninggalkan TPS(tempat pemungutan suara. Pemilih mencelupkan salah satu jari ke dalam tinta sebagai tanda bahwa dia sudah memilih ( aku wis nyoblos hloo). Begitu seterusnya sampai pemilih terakhir dikelas XII IPS 3 yang nomor pemilihnya terakhir (nunggunya sampai jenggoten.. haha). Selama pemilih mencoblos, calon-calon ketua menyaksikan secara live (siaran langsung) di TPS dan tidak di perkenankan pergi kemana mana (kalau ke kamar mandi iya..). kegiatan ini ditargetkan selesai sebelum duhur(11.30), akan tetapi karena petugas KPPS yang bekerja sangat lincah, gesit dan terampil, waktu memilih sudah selesai pukul 10.30( gak kebayang capeknya melayani hampir 550 pemilih dalam kurun waktu 2 jam.an.. hebat,, prok prok prok proookk. Salut sama KPPSnya).

Penghitungan suara akan dilakukan serentak juga pada pukul 13.00 se SMA/SMK/MA Kab-Bantul. Setelah sholat duhur, siswa diwajibkan melihat secara live penghitungan suara di TPS Mansaba.

Penghitungan suara dimulai pukul 13.00 WIB tepat. Terjadi pertarungan sengit perolehan suara sementara antar calon ketua osis. No urut 1 dan 2 perolehan suara saling kejar mengejar, dan sempat terjadi zus (bukan badminton hlo). Setelah sekian lama dan alot dalam pertarungan perolehan suara, akhirnya suara terbanyak dimenangkan oleh pasangan no urut 1 yaitu Zidni Lutfi Hamdan dan Aprilia Susanti 207 suara (horeeee prokprokproookk) disusul oleh pasangan no urut 2 150 suara dan 3 106 suara.

Akan tetapi, ada 25 suara yang gugur karena semua foto dicoblos (ini gak boleh ditiru) dan sebanyak 30 siswa tidak memilih karena tidak berangkat sekolah.

Kalau pemilos aja GOLPUT, apalagi besok pas pemilihan Presiden (bisa-bisa GOLPUT2). Pemimpin di Indonesia dipilih secara langsung oleh rakyatnya, maka dari itu tentukan pemimpin pilihan anda yang sesuai dengan hati nurani agar didapat pemimpin yang sesuai dengan rakyat, mengerti, memperhatikan rakyatnya. Karena pemerintahan itu OLEH rakyat DARI rakyat DAN UNTUK rakyat (copas dari Abraham Lincoln).

Sekian ceritaku tentang Pemilos di sekolahku,,,, kurang lebihnya saya minta maaf aja. Mungkin ada kata yang tidak berkenan di hati pembaca sekalian

Dibawah ini saya lampirkan foto kegiatan pemilos di Mansaba

Ditulis Oleh :

Tyas Hutami kelas XII IPA 1


 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter