MAN Sabdodadi Bantul Menyelenggarakan LDKS

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

alt

Pelatihan Kepemimpinan adalah sebuah pelatihan tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya diberikan kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS MAN Sabdodadi Bantul

Latihan kepemimpinan ini biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu Latihan Kepemimpinan Fisik dan Latihan Kepemimpinan Mental. Pemberian materi dari kedua jenis ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk Latihan Kepemimpinan Mental, yang menjadi pemberi materi adalah dari Dewan Guru, Pembina OSIS, Kepala Sekolah serta Guru Psikologis dan Konseling dari sekolah yang bersangkutan, atau bisa juga dengan cara menyewa dari suatu Lembaga Psikologi Independen.

Latihan Dasar Kepemipinan Siswa atau LDKS adalah sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya siswa dan siswi peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsepkonsep atau dasar dasar sebuah organisasi di sekolah. LDKS ini untuk Menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa.

Hal ini merupakan tahap pertama atau merupakan syarat yang harus dilalui para siswa dan siswi sebelum menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang sering di kenal dengan singkatan OSIS, yakni siswa harus terlebih dahulu mengikuti LDKS. Pelatihan ini sangat berpengaruh bagi siswa terlebih dalam jiwa kepemimpinan pribadi siswa sebelum ia benarbenar menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi di sekolah maupun masyarakat. LDKS merupakan tahap yang harus dilewati atau harus diikuti siswa sebelum ia menjadi anggota OSIS. Hal-hal penting yang perlu di Perhatikan ketika seorang siswa ingin menjadi anggota OSIS adalah sebagai berikut :

a.Pada saat pendaftaran peserta, diupayakan agar peserta telah terkondisikan bahwa

mereka akan mengikuti kegiatan pelatihan yang tidak ringan dan membutuhkan

kesiapan fisik, mental, dan spiritual yang bagus sehingga peserta atau calon OSIS. siap mengikuti pelatihan atau kegiatan berorganisasi dengan lebih maksimal.

  1. b.Para peserta atau calon anggota OSIS tidak ada paksaan dalam mengikuti kegiatan keorganisasian ini. Hal ini murni kemauan dari dalam diri sendiri.

2. Tujuan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS

Tujuan diadakannya LDKS yaitu sebagai berikut :

  • Upaya untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang mampu memimpn diri terlebih dulu dan mampu menjalin hubungan kerja sama dengan orang lain.
  • Memiliki keterampilan dan pemahaman tentang organisasi yang lebih baik dibandingkan dengan siswasiswi yang tidak mengikuti (LDKS ), para siswa atau siswi peserta mendapatkan sebuah pengalaman baik secara intelektual maupun pengalaman tentang cara bagaimana memimpin sebuah organisai.
  • Melalui LDKS para siswa atau siswi diharapkan dapat lebih berani dan bermain peran aktif dengan tampil dalam menyuarakan aspirasi para siswa kepada pihak sekolah sehingga dalam proses pembangunan ke arah kemajuan sekolah dapat terealisasi secara bersamasama.
  • Melalui LDKS para siswa atau siswi diharapkan dapat memiliki karakteristik seorang pemimpin yang memiliki intelektual, kreatifititas serta nalar berfikir yang berguna bagi agama dan tanah air bangsa Indonesia yang dijiwai oleh semangat pancasila dan Undangundang Dasar 1945 dan berkeyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Untuk melatih kemampuan dalam hubungan dan bekerjasama dengan orang lain dalam lingkup yang lebih besar. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan LDKS para siswa dan siswi peserta mendapatkan sebuah pengalaman baik secara intelektual maupun pengalaman tentang cara atau bagaimana berinteraksi, berkomunikasi yang baik dalam berorganisasi.
  • Dan pelatihan ini menjadi bekal bagi para peserta LDKS agar nantinya ketika menjadi anggota OSIS disekolah akan lebih baik dari tahuntahun sebelumnya.

3. Manfaat Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS )

Manfaat mengikuti LDKS bagi siswa yaitu siswa dapat memperoleh atau

melakukan diantaranya :

  • Peserta mengetahui bahwa setiap diri harus mampu memimpin diri terlebih dahulu. stelah mendapatkan materi tentang kepemimpinan, siswa mengetahui bahwa setiap diri harus mampu memimpin diri terlebih dahulu sebelum ia menjadi pemimpin untuk orang lain dan organisasi.
  • Peserta mampu berpikr positif terhadap dirinya sendiri, disiplin dalam segala hal, antusias, dan senantiasa sportif dalam berbagai kondisi apapun.
  • Peserta mampu membentukan Tim
  • Dengan belajar keterampilan untuk membangun tim, para siswa memperoleh praktek berharga dalam bekerja sama dengan orang lain dalam posisi manajemen.
  • Seorang pemimpin harus mampu untuk menetapkan tujuan tertentu dan kemudian memberikan arah tertentu untuk melaksanakan tujuan tersebut? dalam melakukannya, ia juga belajar keterampilan mendelegasikan tanggung jawab.
  • Belajar seni mendengarkan orang lain dalam tim dan menanggapi dengan fleksibilitas ketika diperlukan adalah praktek yang bagus untuk peran kepemimpinan masa depan di setting apapun.
  • Dapat Memanfaatkan Sumber Daya
  • Masukan dalam posisi kepemimpinan, seorang siswa dapat dengan cepat mempelajari cara menemukan dan menggunakan sumber daya untuk membantu melaksanakan tujuannya. Dalam pengaturan sekolah, pemimpin mungkin perlu mencari saran dan atau bantuan dari guru serta kepala sekolah.
  • Membangun Kepercayaan Diri
  • Siswa di latih untuk berbicara di depan umum dan untuk berkomunikasi dengan berbagai individu, keuntungan dalam kepercayaan diri yaitu untuk belajar ketegasan, belajar untuk mengatakan "tidak" bila diperlukan, belajar bertekun dalam menghadapi kesulitan semua keterampilan yang menambah kepercayaan diri seseorang. Seringkali, kemauan untuk mengambil risiko dalam posisi naik karena kepercayaan pemimpin siswa dalam dirinya meningkat.
  • Dapat Memprioritaskan Siswa dalam posisi kepemimpinan belajar dengan cepat bahwa mereka harus memprioritaskan dalam situasi apapun. Belajar bagaimana melakukan hal ini itu, bagaimanapun membutuhkan latihan. Mengingat cukup waktu siswa belajar keterampilan prioritas yang memberikan berapa banyak waktu untuk, apa yang harus menghabiskan waktu paling banyak dan sebagainya yang akan berdiri dalam manfaat yang baik untuk tahun mendatang. Memprioritaskan melibatkan beberapa jenis visi bagi organisasi dan mengetahui bagaimana untuk mengarahkan semua orang ke arah yang benar.
  • Peserta memiliki rasa tumbuh kebersamaan, kebanggaan, dan semangat untuk membangun OSIS lebih baik lagi disekolah.
  • Manfaat LDKS ini dapat dirasakan para siswa setelah mereka selesai mengikuti pelatihan tersebut. Dan manfaat tersebut berpengaruh pada kepribadian mereka dan juga dapat dirasakan saat mereka masuk kedalam sebuah organisasi. Baik organisasi sekolah maupun organisasi masyarakat.


 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter