Alexander Flemming penemu antibiotic penisilin

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
Alexander Flemming adalah ilmuwan Skotlandia yang berhasil menemukan antibiotic penisilin untuk menangani infeksi bakteri . Ia lahir di Ayshire Skotlandia 6 Agustus 1881 dan meninggal dunia di London Inggris 11 Maret 1955. Ia berasal dari keluarga peternak domba di Skotlandia. Dia termasuk siswa unggulan di sekolah dan masuk Sekolah Kedokteran rumah Sakit St Mery di London. Tubuhnya kecil dengan penampilan sederhana sehingga tak tampak sebagai anggota dari masyarakat terpandang. Sebelum menemukan penisilin, ia hanyalah seorang ahli bakteri yang belum terkenal dan membuka praktek mengobati infeksi sfilis pada artis-artis terkemuka London.


Penemuan penisilin membawa perubahan besar dalam dunia kedokteran modern. Penisilin merupakan alat penghambat infeksi yang disebabkan karena jamur dan bakteri. Industri farmasi juga mengalami booming memproduksi penisilin sintetis untuk menaklukan momok paling tua di dunia termasuk sfilis, TBC dan gangrene.

Flemming bukanlah orang pertama yang mengemukakan khasiat penisilin. John Tyndall telah mengemukakan tahun 1875, juga D.A Gratia tahun 1925. Namun penemuannya member titik terang dan kejelasan mengenai fungsi penisilin dalam penanganan infeksi karena bakteri. Tahun 1939 spesimen jamur Flemming jatuh ke tangan Saintis di Universitas Oxford yang di ketuai Howard Florey. Tim ini berhasil mengobati tikus yang telah diberi dosis bakteri mematikan. Setahun setelahnya, hasil penelitian mereka di publikasikan sehingga dunia menaruh minat karena mereka memperlihatkan bahwa penyuntikan penisilin dapat mengobati pasien yang telah terkena infeksi cukup lama.

Penisilin kemudian di produksi secara missal terutama dalam Perang Dunia II untuk mengobati prajurit yang membutuhkan. Pada akhir PD II, penisilin telah menyelamatkan jutaan orang dari penyakit pneumonia, sifilis,gonorrhea, difteri,jengkering dan infeksi pada bayi. Saat kematian akibat infeksi berhasil di taklukkan, Flemming mendapat pujian dan penghargaan besar dari dunia. Hujan pengharggan diterima Flemming antara tahun 1944-1945, namun ia justru menulis di tahun 1946 bahwa pemberian dosis yang terlalu kecil justru menghasilkan bakteri yang kebal.

Flemming emninggal karena serangan jantung tahun 1955. Dia dikuburkan di gereja katedral St Paul London dan di anggap sebagai pahlawan nasional . Meskipun pencapaianFlemming tidaklah istimewa, tetapi kontribusi tunggalnya telah mengubah praktik kedokteran. Flemming merupakan wakil dari banyak saintis seperti Florey dan Chain yang telah membuat dunia menjadi lebih baik.


Referensi:
Buku 100 Tokoh Paling Berpengaruh abad 20
Penerbit Nuansa

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter