Antoine Laurent Lavoisier Ahli Kimia

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Antoine Laurent Lavoisier adalah Ilmuwan Perancis, tokoh terkemuka dalam perkembangan ilmu kimia. lahir di Paris, 26 Agustus 1743 dan meninggal pada usia 50 tahun di Paris, 8 Mei 1794 . Lavoisier memberikan sumbangan sangat besar teori ilmu kimia. Ia adalah tokoh yang memberikan nama Oksigen sebagai gas dalam atmosfer, memecahkan teka-teki mengenai komposisi kimia Air, menjelaskan komposisi kimia udara dan menemukan daftar periodik unsur-unsur kimia.
Sebelum berkecimpung dalam dunia Sains, Lavoisier mengenyam pendidikan hukum hingga memperoleh Sarjana Hukum dan sempat berkarir dalam dunia birokrasi dan pelayanan masyarakat di Perancis. Dalam kesehariannya, Lavoisier justru banyak menekuni bidang ilmu alam khususnya kimia dan geologi. Ia masuk dan aktif dalam lembaga Akademi Ilmiah Kerajaan Perancis dan organisasi yang bergerak dalam urusan pajak Ferme Gnrale. Aktivitasnya dalam organisasi Ferme Generale menyebabkan ia di tangkap dan diadili pemerintah karena dianggap merongrong kewibawaan pemerintah.
Sumbangan Lavoiser dalam bidang Ilmu Kimia dan Fisiologi

  1. Lavoiser bekerjasama dengan Berthollet, Fourcroy dan Guyton de Morveau menyusun skema sistem kimiawi yang dikenal dengan istilah Sistem Lavoiser dan menjadi rujukan hingga sekarang. Ia dikenal sebagai "Pendiri ilmu kimia modern", dengan sumbangan terbesar Daftar Periodik Unsur".
  2. Lavoisier menjadi orang pertama yang mengintrodusir prinsip penyimpanan jumlah reaksi benda kimia tanpa bentuk tertentu. Pemikiran Lavoisier tentang kecermatan menimbang bahan kimiawi dalam suatu reaksi mengubah kimia menjadi ilmu eksakta sehingga banyak kemajuan ilmu kimia pada masa-masa berikutnya.
  3. Kesimpulan Lavoiser tentang proses fisiologi masih dipakai hingga sekarang. Proses pembakaran terdiri dari kombinasi kimiawi tentang terbakarnya barang dengan oksigen. Kedua, air bukanlah barang elementer samasekali melainkan satu campuran antara oksigen dan hidrogen. Udara bukanlah juga substansi elementer melainkan terdiri terutama dari campuran dua jenis gas, oksigen dan nitrogen.
  4. Lavoisier menyumbangkan pemikirannya di bidang fisiologi. Ia melakukan percobaan dan mampu menunjukkan proses fisiologi. Menurutnya, manusia dan bangsa binatang menimba energi dari proses pembakaran organik secara perlahan dari tubuhnya dengan bantuan oksigen dalam udara yang dihimpunnya.
  5. Lavoisier merangkum, dan menuliskan gagasanya yang brilian dalam sebuah buku yang berjudul Pokok-pokok Dasar Kimia (1789), dan menjadi fondasi perkembangan ilmu kimia modern.



Referensi: Wikipedia.org.

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter