Visi, Misi dan Tujuan MAN Sabdodadi Bantul

VISI MAN Sabdodadi

VISI

Mengacu kepada visi penyelenggaraan pendidikan madrasah yakni  terwujudnya Madrasah Aliyah (MA) yang islami, bermutu, populis, dan mandiri; serta mampu menjadikan peserta didiknya menjadi  manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Allah SWT, berakhlak mulia, berkepribadian, menguasai iptek, dan mampu mengaktualisasikan diri secara positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara., serta menyerap aspirasi dan harapan-harapan stakeholders, maka visi MAN Sabdodadi Bantul dinyatakan sebagai berikut:

   Terwujudnya peserta didik yangSantun dan Peka terhadap lingkungan sosial, Taqwa, teRampil, Unggul dan Mandiri (SPekTRUM)

  Dari pernyataan visi tersebut terdapat enam kata kunci yang terkandung dalamnya, yaitu: santun, peka, taqwa, unggul, dan mandiri, yang dimaknai bahwa pendidikan yang diselenggarakan harus mampu menumbuhkembangkan peserta didik agar memiliki:

  1. Kesantunan, sehingga peserta didik akan dapat berprilaku halus, baik, sabar, tenang, sopan, penuh rasa belas kasihan, dan suka menolong, baik      terhadap dirinya sendiri apalagi terhadap orang lain dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kepekaan terhadap situasi dan kondisi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta didik memiliki respon dan tanggap terhadap keadaan lingkungan sosialnya untuk bereaksi dan berbuat melakukan sesuatu yang diperlukan.
  3. Ketaqwaan dan kesalehan hidup untuk senantiasa taat melaksanakan perintah Allah SWT dan memelihara/ menjauhkan diri dari setiap larangan-Nya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  4. Ketrampilan yang ditandai dengan cakap dalam menyelesaikan tugas yang dibebankan serta cekatan untuk menentukan tindakan yang terbaik/ problem solving.
  5. Keunggulan yang ditandai dengan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual sebagai pondasi untuk menempa dirinya menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia.
  6. Kemandirani yang yang ditandai dengan kemandirian dalam berpikir, bersikap, dan bertindak serta menghindari diri ketergantungan terhadap orang lain.

Oleh civitas MAN Sabdodadi Bantul visi tersebut dijadikan semboyan dengan menyingkat (SPekTRUM)

MISI MAN Sabdodadi

MISI

Kementerian Agama dalam penyelenggarakan pendidikan Madrasah Aliyah memiliki misi antara lain adalah: memperkuat identitas pendidikan MA, meningkatkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi anak usia sekolah MA, meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan pada MA dan meningkatkan kualitas tata kelola dan akuntabilitas lembaga pendidikan MA. Mendasarkan pada misi kelembagaan madrasah secara umum tersebut dan memperhatikan aspirasi dan harapan-harapan stakeholders maka secara khusus misi penyelenggaraan pendidikan di MAN Sabdodadi Bantul dirumuskan sebagai berikut.

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta pemahaman dan pengamalan ajaran agama Islam.
  2. Meningkatkan proses pembelajaran, kinerja,  profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan.
  3. Meningkatkan prestasi akademik dan pengembangan potensi, minat, dan bakat peserta didik.
  4. Menyediakan sarana prasarana yang representatif dan mewujudkan lingkungan yang kondusif.
  5. Menciptakan harmonisasi, kerjasama, dan pencitraan madrasah

Untuk dapat memenuhi misi tersebut maka Madrasah menentukan langkah kebijakan yang antara lain:

  1. Setiap kegiatan didasarkan pada al Qur’an dan as Sunnah yang secara tidak langsung sebagai bentuk pengamalan  terhadap nilai-nilai ajaran agama Islam sekaligus untuk menguatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT
  2. Menyelenggarakan pelatihan dan sejenisnya serta mendorong pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti pertemuan MGMP, lembaga terkait, pendidikan lanjutan serta monitoring dan supervisi terhadap kinerja dan profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya.
  3. Membuka akses dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk dapat mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki melalui kegiatan Pendampingan dan bimbingan serta memberdayakan unit-unit kegiatan siswa.
  4. Berupaya untuk memenuhi kebutuhan/ menyedikan sarana prasarana yang representatif guna mendukung optimalisasi pelayanan dan pembelajaran dibarengi dengan mengkondusikan lingkungan yang nyaman.
  5. Menumbuh kembangkan keterbukaan, kebersamaan dan kekeluargaan antar warga madrasah untuk mendukung kerjasama dan saling membantu sehingga warga madrasah merasa at home.   

 

TUJUAN MAN Sabdodadi

 TUJUAN

 Dalam konteks nasional penyelenggaraan pendidikan di Indonesia berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan fungsi tersebut maka penyelenggaraan pendidikan nasional diarahkan dalam rangka untuk mencapai tujuan yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia Indonesia yang utuh. Yakni manusia yang memiliki ciri-ciri antara lain: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 Tujuan umum tersebut secara bertahap akan dicapai disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kematangan peserta didik. Sehingga pada jenjang pendidikan menengah tujuan yang harus dicapai adalah:

  1. meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan,
  2. meningkatkan kepribadian dan akhlak mulia,
  3. meningkatkan keterampilan untuki hidup mandiri dan
  4. mengikuti pendidikan lebih lanjut.

 Berangkat dari tujuan umum tersebut maka secara khusus tujuan penyelenggaraan pendidikan di MAN Sabdodadi Bantul adalah:

  1. Membekali peserta didik untuk selalu meningkatkan keimanan, ketaqwaan kepada Allah SWT dan senantiasa mengamalkan ajaran agama;
  2. Menyiapkan peserta didik yang berilmu, berpengetahuan, berkepribadian, dan berakhlakul karimah;
  3. Menyiapkan peserta didik  yang berprestasi dan mampu melanjutkan ke perguruan tinggi;
  4. Menyiapkan peserta didik yang terampil,  mandiri dan mampu bersaing di dunia kerja;
  5. Menumbuhkan kepekaan dan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan, masyarakat, dan perubahan sosial.

 

    LAST_UPDATED2

     

    baner


     

     

    Waka HUMAS

     

    Top Admin
    Admin 1
    Admin 2
    MAN Sabdodadi Bantul 2010
    Jln Parangtritis Km 11 Bantul
    Tlp : (0274) 367158
    Fax : (0274) 367158
    Kode Pos 55715

    E-mail : info@mansaba.sch.id


    forum email envelope facebook  youtube
        Waktu Yogya -