Jadi Youtuber, siswa MAN 2 BANTUL akan mendapat nilai 100 di Rapor

Perkembangan teknologi dari tahun ketahun sangat cepat, semakin canggih teknologi maka akan semakin sulit mendapat pekerjaan jikalau tidak mengupgrade kemampuan. di revolusi industri 4.0 ini manusia dituntut semakin kreatif, tidak gagap teknologi, pandai mencari peluang, mampu menggunakan Internet secara maksimal, melakukan pekerjaan cepat, tepat serta harus efisien. Pendidikan di Indonesia rata-rata belum siap masuk revolusi industri 4.0, contoh sederhana saja di kehidupan nyata handphone sudah bisa digunakan untuk mencari nafkah untuk ojek online, membuat toko online , bahkan handphone digunakan untuk kursus salah satunya Quiper, ruang guru dan lain-lain. 

Sekolah harus semakin kretif dan unik untuk mendidik siswanya supaya tidak ketinggalan jaman, siswa MAN 2 BANTUL mendesain lulusannya siap berkiprah di kehidupan nyata untuk langsung mempraktekkan apa yang sudah didapat disekolah, khusus untuk mata pelajaran Keterampilan Multimedia dikarenakan ada pelajaran editing video siswa yang suka membuat VLOG (Video Loging) di youtube atau media lainya dengan konten apapun asal tidak mengandung SARA akan mendapatkan nila rapor sempurna yaitu 100. Alasan, syarat dan ketentuannya bisa dibaca di bawah ini :

Dasar Pemikiran

  1. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN  (pasal 1 ayat 1  Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.)
  2.  https://lampung.kemenag.go.id/files/lampung/file/file/ARTIKEL/Strategi_Transformasi_Madrasah_pada_Era_Revoluasi_Industri_4.0.pdf
  3. https://kalteng.kemenag.go.id/palangkaraya/berita/501146/Ini-Lima-Kompetensi-yang-Harus-Dimiliki-Guru-di-Era-Revolusi-Industri-40
  4. http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id=10468

Menurut penulis siswa di ibaratkan seorang yang akan pergi di suatu tempat, ada orang yang hanya mau bebergian di dalam kota misal di area Yogyakarta, ada yang mau ke Jakarta, bahkan ada yang mau keluar negeri misal ke Amerika. Sudah jelas orang yang bepergian dekat dan jauh bekalnya berbeda, yang bepergian jauh jelas bekalnya jauh lebih banyak serta tantangan dan resiko jauh lebih besar dari pada yang bepergian lebih dekat. Sekolah harus mampu memfasilitasi siswanya yang mau bebergian yang dekat dan yang jauh, yang siswa yang mau mencari tantangan baru dan berani bepergian jauh maka sekolah juga harus memberikan bekal yang lebih banyak oleh sebab itu jika siswa berhasil menjadi creator di Youtube akan diberi bekal yang banyak dengan memberikan nilai sempurna di rapor.

Tujuan & Manfaat

  1. Menyiapkan sejak dini siswa MAN 2 BANTUL jenis pekerjaan baru yang memiliki peluang yang besar di masa depan, salah satunya menjadi Youtuber (Creator).
  2. Berlatih menjadi komentator, karena video di youtube bisa menarik salah satunya adalah komentar dari si pemilik chanel youtube itu sendiri
  3. Siswa langsung mengimplementasikan keterampilan yang didapat khususnya materi Video Editing
  4. Siswa lebih terlatih karena banyak tantangan membangun chanel diYoutube dan perlu perjuangan yang keras
  5. Siswa berlatih disiplin, kreatif, peka, inovatif karena salah satu membangun chanel Youtube tetap eksis adalah disiplin mengupload Youtube secara berkala minimal seminggu sekali.
  6. Siswa berlatih berfikir secara runtun, terarah, terencana karena dalam membuat video hal tersebut wajib ada sebelum produksi, saat produksi dan diakhir produksi 
  7. Siswa mampu memanfaat Internet untuk tujuan produktifitas.
  8.  Menyiapkan lulusan yang siap bersaing di revolusi Industri 4.0
  9. Siswa mampu mempergunakan smartphone untuk produktifitas tidak hanya konsumtif saja. Contohnya video editing bisa dari smartphone, kualitas Video dan audio di smartphone sudah mumpuni untuk pembuatan konten video diyoutube jadi tidak usah membeli kamera baru cukup pakai smartphone saja.
  10. Menyambut era 5G di tahun 2020 dimana Internet akan semakin kencang dan konten video akan semakin berkembang, bahkan akan banyak TV Streaming bermunculan sehingga lulusan yang memiliki kemampuan video editing akan semakin banyak dibutuhkan dan untuk melatih skil perlu perjuangan yang panjang salah satunya dengan membangun chanel di Youtube sebagai latihan editing video.
  11. Tidak semua materi video editing bisa di sampaikan dikelas, salah satu yang efektif adalah hal-hal baru tentang video editing didapat di kehidupan nyata sehingga skill siswa MAN 2 BANTUL bisa semakin meningkat dengan siswa menjadi creator di Youtube.
  12. Siswa bisa mendapatkan nilai rapor dari mana saja, tidak harus bersumber dari mata pelajaran, misal bisa jadi siswa lemah di mata pelajaran teori tapi prakteknya lebih mumpuni sehingga nilai yang didapat siswa khususnya keterampilan multimedia selaras dengan kemampuan keterampilannya.

Syarat & ketentuan

Syarat mendapatkan nilai 100 di raport bagi siswa keterampilan Multimedia adalah sebagai berikut :

  1. Melaporkan chanel youtube miliknya atau milik kelompok (kelompok harus siswa MAN 2 BANTUL, tidak boleh dari luar siswa MAN 2 BANTUL), dari sejak awal dibuat, supaya madrasah khususnya guru keterampilan Multimedia bisa memantau perkembangan chanel youtube dari awal.
  2. Konten boleh apa saja asal tidak melanggar SARA
  3. Tidak mengganggu proses belajar, sekali saja prosesi belajar terganggung maka siswa tersebut akan dikeluarkan dari program ini tanpa terkecuali yang diputuskan oleh guru keterampilan serta  keputusannya tidak boleh diganggu gugat.
  4. Siswa tertib mengikuti kelas keterampilan Multimedia dibuktikan dari absensi, menyelesaikan semua tugas di elearning serta mengikuti ujian mid semester dan ujian semester
  5. Nilai 100 pertama, siswa harus mememenuhi syarat dari youtube yaitu videonya mendapatkan iklan (monetisasi) serta minimal 1 video sudah ada tampilan iklan. Saat tulisan ini dibuat, minimal memiliki 1000 Subscribe dan 4000 jam tayang dan melapor ke guru keterampilan Multimedia untuk di validasi.
  6. Nilai 100 kedua dan selanjutnya chanel tersebut harus sudah menghasilkan dan sudah mencairkan dana minimal $140 USD, dan saat mengambil dana wajib di buat VLOG dan diupload di Youtube dan dibuat video mirip UNBOXING dan melapor ke guru keterampilan Multimedia untuk di validasi.
  7. Nilai 100 bisa diberikan kekelompok. Misal chanel khusus game dengan ada 5 iswa pe kelompok, karena saat membuat video tersebut secara terus menerus 5 siswa tersebut selalu bermain dan ada di konten chanel tersebut, maka masing-masing siswa tetap mendapatkan nilai 100 tanpa terkecuali.

Siswa yang mampu memenuhi kriteria di Youtube adalah siswa yang spesial dan sangat langka serta siswa tersebut perlu perjuangan yang sangat panjang dan berat. Sehingga siswa yang memiliki chanel youtube perlu diapresiasi madrasah sebagai penyemangat untuk terus berkreasi, disatu sisi siswa bisa mendapatkan finansisal disisi lain siswa akan mendapkan nilai yang bisa digunakan untuk masa depan pendidikannya

Berapa penghasilan para Creator Youtube klik : https://www.youtube.com/watch?v=RAYOuSNFCog