Arab Saudi akan Membangun Komputer Super

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 


Super KomputerArab Saudi dan IBM sepakat bekerjasama dalam membangun sebuah komputer super. Dan jika proyek tersebut rampung maka komputer super yang ada bisa menjadi salah satu dari 10 sistem komputer tangguh yang ada di seluruh dunia.

Sistem komputer super tersebut diberi nama "Shaheen" yang berasal dari bahasa Arab yang berarti burung elang peregrine, seekor burung yang terbang dengan kecepatan 213 mil (atau 342 kilometer) per jam.

Shaheen merupakan sebuah 16-rack Blue Gene/P System, berkemampuan 222 Teraflops - atau 222 trillion floating point operations - per detik. Shaheen akan menjadi sistem komputer tercepat di Timur Tengah dan kemampuannya setara dengan komputer super tercepat yang ada di Eropa.

Menurut daftar yang dikeluarkan oleh industry TOP500, Shaheen menduduki peringkat keenam di dunia dari segi kinerja komputer super yang ada di dunia.

Pihak Arab Saudi mengungkapkan bahwa ambisi mereka untuk menjadikan Shaheen sebagai inspirasi bagi kerajaan Arab Saudi dalam mewujudkan era baru pencapaian ilmu pengetahuan baik itu bagi Arab Saudi maupun bagi negara-negara lainnya di kawasan Timur Tengah.

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter