Menggunakan Dropbox Untuk Simpan dan Share File

Popular

Ini dia satu lagi layanan Free yang menarik, Dropbox namanya. Apa itu Dropbox ? Dropbox adalah sebuah aplikasi untuk Windows, Mac & Linux yang memungkinkan kita dengan aman untuk melakukan backup files, menyimpan files atau melakukan sharing dengan orang lain yang bisa diakses melalui

komputer dimana saja. Jadi seakan kita punya Flashdisk Online sebesar 2 GB yang bisa dibuka dimana saja melalui internet. Kelebihan dropbox adalah ia dapat tersinkronisasi secara langsung pada komputer yang kita gunakan (Win, Linux dan Mac bahkan Ipod/HP), sehingga kita dapat mengakses file yang kita simpan dimanapun kita berada sekalipun dalam kondisi offline. Kita pun dapat berbagi file atau foto dengan sesama pengguna dropbox dimanapun mereka berada, karena otomatis file yang kita letakkan di folder sharing secara otomatis akan tersinkronisasi dengan pengguna lain yang telah kita pilih.tidak seperti 4shared, rapid share, mega upload,Ziddu dll yang ada waktu tunggunya, kalau di dropbox tanpa ada waktu tunggu serta support dengan program download akselerator sehingga kecepatan download meningkat

Perlu di ketahui pula bahwa sebagian File di web MAN Sabdodadi Bantul di simpab di dropbox khususnya foto dan File Download di menu download yang rata-rata ukuran filenya besar, supaya tidak menghabiskan space hosting

Fitur-fitur dropbox

Ada beberapa fitur dropbox yang menarik dan sangat bermanfaat bagi kita. Poin-poin tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Ruang penyimpanan gratis 2 GB

    Bila kita mendaftar secara normal di situs dropbox, kita akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 2 GB secara gratis selamanya. Namun bila anda mendaftar melalui refferal saya, maka anda akan mendapatkan tambahan 250 MB, sehingga ruang total yang akan anda peroleh adalah 2,25 GB.

  2. Sinkronisasi semua jenis file

    Tidak seperti file hosting lain yang membatasi jenis atau format file, dropbox memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk mengupload semua jenis file, baik itu dokumen, gambar, zip, bahkan sebuah program (exe). Dropbox pun tidak membatasi ukuran file yang diupload. Selagi ukuran tersebut masih di bawah batas ruang penyimpanan, hal tersebut tidaklah terlarang.

  3. Tersinkron dengan perangkat yang kita gunakan

    Dropbox tersinkron dengan komputer yang kita gunakan, baik itu bersistem operasi Windows, Linux, ataupun Mac. Dropbox pun tersinkronisasi dengan beberapa perangkat mobile yang populer seperti iPhone, Blackberry, Windows mobile/phone, dan perangkat lainnya.

    Kita dapat membackup file atau folder yang kita inginkan di perangkat tersebut dengan cara memindahkannya/menandainya ke folder dropbox yang ada di komputer, sehingga otomatis file atau folder tersebut akan tersinkronisasi dengan server dropbox. Kita tidak perlu mengunjungi website dropbox untuk mengupload file. Hanya dengan memindahkan file tersebut ke folder sharing, otomatis file tersebut akan terupload ke dropbox.

  4. Berbagi file di mana saja

    Kita dapat berbagi file apapun kepada sesama pengguna dropbox. Bagi sesama pengguna dropbox, kita dapat berbagi file dengan jalan mengundang mereka. Setelah mereka menerima undangan, maka otomatis kita dapat berbagi file tersebut melalui folder sharing yang ada di komputer masing-masing. Cukup mudah, kita hanya perlu memindahkan file yang akan dibagi ke folder sharing, maka otomatis file tersebut juga akan tersimpan di komputer pengguna yang kita undang.

  5. Media backup yang aman

    Saya katakan aman, karena kita tidak perlu takut kehilangan file yang disimpan di server dropbox. Sejak dropbox menggunakan metode sinkronisasi dengan komputer, maka kita dapat mengakses file tersebut di komputer lain yang terhubung dengan akun kita.

  6. Sebagai file hosting untuk website/blog

    Bagi pemilik website/blog, tentunya hal ini sangat menggembirakan. Dropbox memperbolehkan penggunanya untuk mengunduh file secara langsung (direct link), sehingga kita dapat menggunakannya sebagai media hosting gambar, ataupun file download lain tanpa perlu membebani server web yang digunakan, sehingga dapat menghemat bandwidth.

Untuk pengguna PCLinuxOS DropBox sudah terinstall secara default didalamnya pada menu Internet, anda tinggal mensinkronkannya saja dengan akun Dropbox yang sudah anda daftarkan. Bagi OS yang belum terinstall Dropbox tidak perlu khawatir karena selelah anda mendaftarkan disini maka akan ada menu download Dropbox sesuai dengan OS anda.

Selamat mencoba... Semoga bermanfaat,

LAST_UPDATED2

 

baner