KOMPUTER SEBAGAI OTAK PADA SEBUAH ROBOT

Popular

KOMPUTER SEBAGAI OTAK PADA SEBUAH ROBOT

SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PENGGUNAAN BILANGAN BINER

Kelas X semester 1

Penulis : Joko Supriyanto, SST

 

Apakah mungkin kita membangun robot hanya bermodal komputer desktop ataupun laptop? Jawabannya sangat mungkin sekali. Dengan hanya menggunakan software pemrograman seperti Pascal, Visual Basic, Basic, Delphi atau software pemrograman komputer yang lain, maka kita akan sangat mungkin sekali membangun sebuah Robot yang sederhana sampai robot yang dapat mengerjakan sesuatu pekerjaan yang kompleks (Robot Industri).

 

Penulis pernah membuat prototipe robot menggunakan microcontroler AT 89C51 sebagai otak robot, robot tersebut penulis namakan ‘Prototipe Robot Pengangkut Bahan Radioaktif” robot tersebut dapat mengikuti sebuah garis, dimana garis tersebuat sebagai pengganti sebuah rel pada kereta api.

Dengan sedikit modifikasi program, maka IC AT 89C51 dapat diganti dengan sebuah komputer. Ide dasarnya di komputer desktop atau laptop (dengan membeli USB to Paralel) ada sebuah port namanya paralel port, dulu port ini di gunakan untuk printer, karena perkembangan teknologi maka port ini lambat laun di gantikan dengan port USB sehingga paralel port nganggur (tidak digunakan). Nah port inilah yang akan kita gunakan untuk menghubungkan komputer dengan robot yang akan dibuat. Kenapa menggunakan port paralel? alasannya adalah :

1.      Pemrograman port paralel lebih mudah daripada pemrograman port yang lain (Serial, USB PS2 port dll)

2.      Dengan menggunakan port paralel, di robot yang dibangun hanya di butuhkan driver (bisa menggunakan IC atau tarnsistor),dengan biaya yang lebih murah dan rangkaian elektronik yang tidak terlalu rumit

 Gambar di bawah ini adalah Konsep Robot :

Robot diatas termasuk dalam robot mobil, kenapa membangun robot mobil? karena robot mobil merupakan salah satu robot yang mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan dana yang terlalu besar untuk membangunnya.

Dan gambar di bawah ini adalah jalur yang akan di ikuti oleh robot

Tampilan Program pengontrol Robot menggunakan program Visual Basic 6.0

 


 

Cara kerja robot :

Robot yang dibuat termasuk dalam robot Line Follower (Robot yang mengikuti garis) Cara kerja robot ini mirip dengan kereta api dimana kereta api akan berjalan mengikuti rel yang terbuat dari besi, tetapi robot ini akan berjalan mengikuti garis yang telah dibuat, jadi garis yang digambar sebagai pengganti rel besi. Dengan memodifikasi program di komputer maka robot ini mempunyai kemampuan mendeteksi garis putus, apabila di temukan garis yang terputus maka robot akan berhenti secara otomatis, atau dapat juga di buat, robot akan mencari garis yang lain untuk melanjutkan perjalanan, bisa menghindar jika didepan ada halangan dan lain-lain.

 

Aplikasi penggunaan Robot ini di masa depan :

1.      Sebagai pengganti kereta api, yang membutuhkan rel besi yang pemasangannya membutuhkan biaya yang besar

2.      Dapat di gunakan untuk mobil pengangkut di rumah sakit, hotel, atau pengangkut uranium di reaktor nuklir yang mempunyai radiasi yang berbahaya bagi manusia. Indonesia akan membangun reaktor Nuklir di tahun 2016 untuk suplay listrik.

3.      Dapat digunakan pada mobil tanpa awak (tanpa pengemudi), sehingga akan mengurangi resiko kecelakaan.

 

Manfaat bagi Pendidikan :

1.      Dengan membangun prototipe robot seperti ini maka siswa akan lebih mudah memahami Bilangan biner yang umumnya penyampaian bilangan biner masih menggunakan metode klasik yaitu menulis angka yang rumit.

2.      Pembelajaran lebih menarik

3.      Mengenalkan Robot lebih dini

4.      Menjauhkan persepsi bahwa membuat robot sulit, malah sebaiknya. Bahkan siswa SMA pun bisa membangun robot sendiri dengan mudah

 

Robot diatas masih dalam konsep, (penulis baru merancang bagian mekanik, elektronik dan Flow Chart pemrogramannya, Laughing , karena penulis belum ada waktu untuk membuat robot tersebut.

Video di bawah ini adalah Video robot industri yang mampu mengamplas, memotong, mengecat, Mengelas dll yang semua pekerjaannya di kontrol komputer

http://www.youtube.com/watch?v=DkNVhtOCcrE

Dan tambahan lagi dengan komputer kita juga bisa mengontrol peralatan rumah tangga seperti Pompa air, Lampu, Televisi dll. prinsipnya sama dengan Robot diatas menggunakan port paralel di komputer. Program ini telah penulis uji coba. Program ini juga bisa di gunakan untuk mempelajari bilangan biner (bahasa mesin).

 

Gambar program Control Lampu menggunakan komputer

 

 

Aplikasi penggunaan komputer untuk pengontrolan adalah penggunaan komputer untuk Bel Otomatis untuk sekolah ataupun perusahaan, penulis telah uji coba program tersebut di sekolah MAN SABDODADI BANTUL sampai sekarang masih bekerja. Kelebihan daripada menggunakan IC Contoler adalah pembuatan dengan komputer bisa bekerja lebih kompleks, pengaturan suara fleksibel (bisa ambil suara dari musik atau mengkonversi teks ke suara dan multi bahasa) dan yang terpenting lebih murah dari pada menggunakan IC Controler. Karena di sekolah komputer bukanlah barang yang mewah lagi.

 

Berikut ini adalah tampilan dari bell otomatis yang penulis buat

dan di pasang di MAN SABDODADI BANTUL

 

 

LAST_UPDATED2

 

baner