UAMBN Jadi Tolok Ukur Masuk PTAIN

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

DSC 0122 FILEminimizer - Copy - Copy

BANTUL (MAN Sabdodadi) Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional telah memasuki hari ke-3 (16/3) dari 3 hari yang dijadwalkan dengan mata pelajaran yang diujikan diantaranya Quran Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlaq, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab.

Madrasah Aliyah berharap Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tahun 2016 dapat menjadi tolok ukur aeorang siswa madrasah dapat masuk ke Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Hal ini karena di sekolah/madrasah, UAMBN di setting menjadi tolok ukur seefektif mungkin mengukur tingkat pemahaman siswa dalam mempelajari agama Islam, selain itu UAMBN didesain khusus berstandar nasional.

Kepala MAN Sabdodadi Bantul, Abdul Ghofur, S.Ag., M.Pd yang didampingi Waka Humas Wakija, S.Pd Kamis (16/3) mengatakan bahwa pelaksanaan UAMBN sebenarnya sama dengan ujian nasional (UN) dimana pengawas ujian dilaksanakan dengan sistim pengawasan silang murni dan pengawas yang dikirim bukan mata pelajaran agama.

Kami sudah lima kali menyelenggarakan UAMBN, peserta UAMBN tahun 2016 di MAN Sabdodadi sebanyak 172 siswa yang terdiri program IPA sebanyak 80 siswa dan sisanya program IPS, ujarnya.

Pada UAMBN Abdul Ghofur berharap, pelaksanaan UAMBN tidak hanya dijadikan agenda rutinitas bagi Madrasah Aliyah namun kedepan siswa madrasah mampu memetik hasil kerja keras belajar untuk UAMBN dijadikan ukuran untuk masuk ke PTAIN (whs)

 

baner