Antisipasi Gelombang Pendaftar, Panitia PPDB MAN 2 Bantul Lakukan Piket Tiap Hari

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Antisipasi Gelombang Pendaftar Panitia PPDB MAN 2 Bantul Lakukan Piket Tiap HariBantul (MAN 2 Bantul) – Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan even yang selalu melibatkan banyak orang, apalagi bagi sekolah atau madrasah yang mempunyai program unggulan. Jauh hari sebelumnya masyarakat akan mendatangi sekolah untuk menanyakan prosedur sampai dengan mencatatkan data identitas putra putrinya yang berkeinginan menjadi siswa sekolah tersebut. Apalagi bagi sekolah unggul, biasanya sebelum pelaksanaan PPDB resmi akan melakukan pendataan atau penjaringan calon siswa yang berbakat dan berpotensi melalui jalur peminatan dan prestasi. Untuk itu diperlukan kesigapan panitia PPDB dalam melayani gelombang pendaftar di jalur khusus.

Demikian yang dialami oleh MAN 2 Bantul sebagai satu-satunya madrasah di Bantul yang mempunyai program khusus keterampilan setiap akan dibuka PPDB harus siap menerima calon siswa untuk jalur peminatan dan prestasi. Namun mengingat situasi dan kondisi akibat pandemi covid-19 maka Panitia PPDB MAN 2 Bantul telah menyiapkan portal khusus untuk pendaftaran online, jadi calon siswa tidak perlu datang ke madrasah, cukup mendaftar dari rumah. Tetapi kenyataannya, masyarakat luas tidak yakin dengan prosedur online tersebut dan tetap mendatangi madrasah walaupun akhirnya tetap dimasukkan dalam prosedur online sesuai ketentuan.

Untuk mengantisipasi gelombang pendaftar, maka Panitia PPDB memberikan tugas kepada personil panitia untuk melakukan piket setiap hari. Misalnya pada Jumat (25/4/2020) walaupun saat itu adalah libur puasa hari pertama, namun Panitia tetap melaksanakan piket PPDB saat itu personil yang bertugas adalah guru baru MAN 2 Bantul Edy Purwanto. Dalam tugasnya, panitia menyediakan perangkat laptop untuk dikolaborasi dengan handphone dalam rangka layanan pendataan secara online. “Kami maklum dengan kondisi pendaftar yang belum paham dengan sistem scan foto dan identitas sehingga kami siap membantu melakukan pendataan online”, tutur Edy. Demikian layanan MAN 2 Bantul untuk masyarakat luas di tengah-tengah suasana wabah corona untuk pelaksanaan PPDB jalur khusus. (edp)

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter