SISWA MAN SABDODADI BANTUL PRAKTIK MANASIK HAJI

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

DSC 0045 FILEminimizer

Pelaksanaan Manasik Haji untuk para siswa MAN Sabdodadi Bantul sebagai aplikasi pelajaran Fiqih sehingga diharapkan para siswa benar-benar mempraktekan dan seakan-akan seperti melakukan ibadah haji yang sebenarnya.

Manasik Haji MAN Sabdodadi Bantul dilaksanakan hari Sabtu, 20 Februari 2016 yang diikuti para siswa kelas XI IPA-IPS dengan jumlah 173 siswa di bawah bimbingan para guru dimana pelaksanaannya di lapangan Keyongan Sabdodadi Bantul.

Bagi Calon Haji Melakukan Manasik Haji Sangat Penting sebab dapat memberikan Manfaat dan pembelajaran sebelum melakukan ibadah haji. Nah bagaimana jika Manasik Haji Dilaksanakan di Madrasah/Sekolah dan diterapkan bagi bagi pelajar.

Manasik Haji adalah petunjuk/penjelasan cara mengerjakan dan sebagai tuntunan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur kabah dan dilaksanakan sebelum berangkat ke tanah suci.

Maka dapat disimpulkan bahwa Manasik haji adalah tatacara dan pelaksanaan ibadah haji, dan merupakan hak yang tidak bisa diabaikan bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah haji, yang dilakukan sebelum melakukan perjalanan Haji.

Manasik haji dilakukan untuk dapat memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Tujuan dari diadakannya manasik haji adalah untuk mempermudah calon Jamaah Haji dalam memahami tentang ibadah haji baik secara teoritis maupun praktis sehingga diharapkan menjadi calon Jamaah Haji yang mandiri dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar.

Manfaat Manasik Haji

  1. Dapat Mengetahui Tentang doa-doa sunah mulai dari keluar rumah untuk melaksanakan ibadah haji sampai kembali ke Indonesia dari Makkah.
  2. Dapat memberikan pemahaman mana yang wajib, rukun, sunah, dan haram saat melaksanakan ibadah haji.
  3. Dapat Mengetahui kondisi Makkah dan Madinah yang akan berguna untuk persiapan ibadah haji nantinya.
  4. Dapat saling mengenal jamaah lain sehingga saat di Makkah dapat saling membantu.
  5. Diajarkan Bahasa Arab untuk percakapan ringan di Makkah nantinya.

Sampai Saat ini Manasik Haji Telah dipraktekan atau diterapkan disekolah guna memberikan pemahaman kepada siswa tentang tatacara melakukan ibadah haji.

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter