Sigmund Freud Bidang Psikologi

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
Sigmund Freud adalah seorang ilmuwan terkenal dalam bidang psikologi yang mempelopori penyelidikan psikoanalisa. Ia lahir di Freiberg Cekoslowakia tahun 1856. Cekoslowakia saat itu masuk dalam wilayah Kerajaan Austria. Pada umur 4 tahun, ia dan keluarganya pindah ke Wina hingga wafatnya. Pendidikan tetinggi diperoleh dari Fakultas Kedokteran Universitas Wina tahun 1881. Ia kemudian secara intensif melakukan kajian mendalam pada bidang psikologi, membentuk staf klinik psikiatri, melakukan praktek pribadi di bidang neurologi, bekerja di Paris bersama neurolog Perancis kenamaan Jean Charcot dan juga bersama dokter Josef Breuer orang Wina.

Karya Freud dalam bidang psikoanalisa dimulai tahun 1895 setelah buku pertama yang memuat laporan penyelidikan tentang histeria diterbitkan, kemudian disusul buku kedua yang membahas mengenai tafsir mimpi yang terbit tahun 1900. Nama Sigmund Freud kemudian melejit sebagai psikolog tingkat dunia setelah ia banyak di undang ke Amerika untuk memberikan ceramah dan presentasi hasil penelitiannya di berbagai universitas besar sekitar tahun 1908. Freud kemudian membentuk kelompok diskusi yang membahas psikologi di Wina Austria tahun 1902. Beberapa tokoh psikologi tergabung di dalam forum ini seperti Alfred Adler dan Carl Yung.

Diakhir masa hidupnya, Freud menderita kanker tulang rahang sejak tahun 1923 dan menjalani operasi sampai 30 kali hingga sangat menurunkan kondisi kesehatannya. Tahun 1938 Nazi menduduki Austria dan si Sigmund Freud yang sudah berusia 82 tahun dan keturunan Yahudi itu dipaksa pergi ke London dan meninggal dunia di sana setahun kemudian.

Sumbangsih Freud dalam perkembangan ilmu psikologi amat besar terutama penyelidikan mengenai proses bawah sadar sikap manusia. Berikut ini sumbangan Freud secara garis besar:

  1. Freud menunjukkan alam bawah sadar berpengaruh terhadap isi mimpi yang sering dialami manusia.
  2. Freud mengembangkan teknik psikoanalisa sebagai metode penyembuhan penyakit kejiwaan.
  3. Freud merumuskan teori tentang struktur pribadi manusia
  4. Freud mengembangkan atau mempopulerkan teori psikologi yang bersangkutan dengan rasa cemas, mekanisme mempertahankan diri, ihwal pengkhitanan, rasa tertekan, sublimasi dan banyak lagi



Referensi: http://luk.staff.ugm.ac.id           

 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter