Mengubah warna mata

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Dalam artikel tutorial berikut ini aku pengin mengulas tentang cara mengubah warna mata. Cara yang digunakan untuk mengubah warnanya, sebenarnya sama dengan artikel terdahulu tentang mengubah warna lipstik. Hanya saja, kali ini yang kita ubah dengan Photoshop adalah gambar mata. Mengubah warna mata adalah sesuatu yang lumayan sering dilakukan saat mengolah foto dengan photoshop. Menurutku hal ini karena mata adalah sesuatu yang paling mudah dikenali dari orang lain. Lagi pula ada yang mengatakan bahwa mata adalah jendela hati bukan? Walau buatku sendiri mata adalah jendela tadi malam, karena kalo pagi ngajar gampang ketahuan habis begadang atau tidak :( .

Gambar mata yang akan kita gunakan pada tutorial kali ini menggunakan lagi gambar yang diupload oleh Asianleggy di Flickr. Foto orang yang sama dengan tutorial yang sebelumnya.

Langkah mengubah warna mata dengan Photoshop

Buka gambar foto yang ingin diubah warna matanya dengan Photoshop.

tutorial mengubah warna mata dengan photoshop

Setelah itu, buatlah seleksi pada gambar mata tersebut. Seleksi bisa dibuat dengan menggunakanMagnetic Lasso Tool, atau dengan Pen tool.

Pada contoh kali ini, seleksi kubuat dengan mengunakan Pen tool. Gunakan pen tool untuk membuat sebuah garis path yang melingkari seluruh mata. Jika garis path sudah jadi, klik kanan garis path tadi (dengan pen tool atau direct selection tool), kemudian pilih make selection.

tutorial mengubah warna mata dengan photoshop

Pada kotak isian Feather radius, isikanlah 1 hingga 4, agar tepian seleksi menjadi agak kabur.

tutorial mengubah warna mata dengan photoshop

Ulangi seleksi pada mata yang sebelah (hanya kalo nampak, karena ada foto yang matanya cuma nampak sebelah karena difoto dari samping kan). Untuk seleksi yang kedua kalinya, jika Anda menggunakan pen tool, maka pada kotak dialog Make selection pilihlah Add to selection.

Setelah semua seleksi dibuat, kopilah area seleksi tadi ( Edit > Copy, kemudian Edit > Paste). Sehingga didapat 2 layer, yang satu layer aslinya, yang satunya lagi hasil copian pada mata tadi.

Layer 1 (gambar mata) kemudian diubah warnanya dengan memilih menu Image > Adjustment > Hue/Saturation. Klik pada pilihan colorize, kemudian aturlah nilai Hue sampai didapat warna yang diinginkan.

tutorial mengubah warna mata dengan photoshop

Kemudian atur juga tingkat kontras gambar. Lakukan ini dengan memilih menu Image > Adjustment > Curves. Geserlah gambar garisnya hingga didapat kondisi gambar yang Anda inginkan.

tutorial mengubah warna mata dengan photoshop

Gambar dibawah ini adalah gambar yang sudah diubah warna matanya.

tutorial mengubah warna mata dengan photoshop

 

baner