Merubah Cat Mobil Ferrari Menjadi Tekstur Kayu

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Dengan Photoshop kita bisa mendesain warna kendaraan, rumah, atau apa saja dengan warna yang sesuai dengan keinginan kita, atau kita bisa menggunakan sebuah tekstur untuk jadi warnanya, seperti contoh pada tutorial ini saya akan mengganti warna mobil Ferrari dengan tekstur kayu. ok langsung saja kita praktekan saja.

 
hasilnya akan seperti ini :
 
1. Buka sebuah gambar kendaraan dengan Photoshop, disini saya menggunakan mobil Ferrari. kalo mau menggunakan objek mobil ini silahkan cari saja di google search.
2. Tekan Ctrl + J untuk duplicate gambar tersebut, kemudian rubah menjadi hitam putih dengan menekan Ctrl + Shift + U
3. Masukan sebuah tekstur kayu, bagusnya tekstur kayunya yang halus biar hasilnya lebih elegan. disini saya menggunakan tekstur kayu seperti ini :
 
 
Ubah Blending Mode menjadi "Overlay". lalu pada menu bar pilih Image > Adjustments > Hue/Saturation lalu atur settingannya sehingga warnanya menjadi menjadi coklat tua. settingan ini bukan sebuah patokan, tergantung dari tekstur yang kamu gunakan dan sesuai dengan keinginan kalian. disini saya menggunakan settingan seperti ini :
 
"Jangan lupa centang Colorize sebelum melakukan settingan"
 
Setelah selesai hasilnya seperti ini :
 
4. karena tekstur ini hanya akan kita gunakan pada bagian atas body mobil maka kita akan menghapus bagian tekstur ini yang tidak akan terpasang pada mobil. seperti bagian bumper, pelek, dan spion. dan nanti kita akan menggunakan tekstur lain untuk bagian2 tersebut.
 
Nah untuk menghapusnya kita menggunakan tehnik Masking dan Brush. Pertama - tama buat layer mask pada Layer Tekstur dengan mengklik icon Add Layer Mask pada pallet layer 
 
 
Kemudian pilih Brush Tool pastikan warna foreground dan background adalah Hitam/Putih
 
Lalu sapukan brush pada bagian mobil yang tidak menggunakan tekstur ini yaitu spion, kaca depan mobil, kaca samping, lampu depan, semua logo, pelek dan seluruh background belakang mobil. hasilnya akan jadi seperti ini :
Jika ada salah dalam penghapusan, balikan warna foreground menjadi putih dan background menjadi hitam atau langsung tekan D pada keyboard dan sapukan brush pada daerah yang salah dihapus. untuk mengembalikan warna fore dan backgorund seperti semula tekan X pada keyboard.
 
5. Untuk bemper dan  kaca spionnya kita masukan tekstur kayu yang lain biar hasilnya lebih tampak elegan. disini saya menggunakan tekstur kayu ini
 
 
Ubah Blending Modenya menjadi "Overlay" dan kembali menu bar pilih Image > Adjustments > Hue/Saturation disini saya menggunakan settingan seperti ini.
 
(panjelasan untuk settingan ini baca kembali pada langkah no.3)
 
Hasilnya seperti ini :
kemudian ulangi langkah no.4 tetapi tinggalkan tekstur pada bumper dan kaca spion saja dan hasilnya seperti ini :
 
 
6. Untuk warna pelek kita gunakan saja warna coklat, caranya buat New layer dan pilih Brush Tool dan ganti warnanya dengan warna coklat, atau dengan warna lain sesuai dengan keinginan anda. setelah memilih warna sapukan brush pada kedua pelek ban mobil tersebut.
 
 
Lalu ubah Blending Modenya menjadi "Overlay". disini masih ada bagian warna yang terlewat pada pelek karena itu kita hapus dengan membuat Layer Mas (membuat layer mask bisa diliha pada langkah no.4) pilih Brush Tool dan sapukan pada warna yang terlewat dari pelek  dan hasilnya seperti ini :
 
(hapus juga pada bagian dalam pelek dan logo Ferrari pada tengah pelek)
 
7. Karena pada kaca depan, logo dan lampu mobil masih hitam putih maka kita akan mengembalikannya menjadi warna asli dengan cara kembali pada Layer 1 (Layer duplicate yang kita buat pada Langkah No.2) masukan layer mask pada layer 1 tersebut dan dengan menggunakan Brush Tool sapukan pada bagian kaca depan, logo dan lampu mobil. seperti ini :
 
Dan selesai sudah, cukup panjang sih langkahnya tapi hasilnya cukup bagus koq seperti ini :
sekian tutorial Merubah Cat Mobil Ferrari Menjadi Tekstur Kayu semoga bisa menjadi inspirasi dan bisa bermanfaat.
 

baner


 

 

Info Pengunjung






 
  hit counter